Jawaban Untuk Kaisar Romawi


Kisah Penuh Hikmah : Jawaban Untuk Kaisar Romawi

Sebuah riwayat menerangkan tentang sepucuk surat dari kaisar Romawi. Sang kaisar mengutus seorang kurir untuk mengantar suarat ini kepada Mu'awiyah bin Abi Sufyan. Surat dari seorang kaisar sudah tentu bukan sembarang surat. Isinya sudah tentu bukan sembarang surat. Isinya pasti sangat penting. Jika tidak mana mungkin seorang kaisar hanya iseng menulis surat.

Kurir telah sampai di hadapan orang yang dituju, yaitu Mu'awiyah bin Abi Sufyan. Dengan penuh hormat, si kurir menyerahkan surat tersebut.

Mu'awiyah membuka surat dari kaisar dengan penuh penasaran. Ternyata surat tersebut berisi sejumlah pertanyaan. Kaisar meminta penjelasan tentang beberpa hal :
  1. Sesuatu yang tidak mempunyai kiblat;
  2. Orang yang tidak berayah ibu dan orang yang tidak berayah;
  3. Orang yang dibawa-bawa oleh kuburannya;
  4. Tiga makhluk yang tidak diciptakan di dalam rahim;
  5. Sesuatu yang tidak terbilang, tetapi ada setengahnya;
  6. Terakhir, kaisar meminta supaya jawaban dikirim kepadanya dalam sebuah botol yang berisi sumber dai segala sesuatu.

Rupanya Mu'awiyah merasa kurang mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan se-musykil itu, apalagi yang betanya adalah seorang kaisar yang mempunyai banyak pengikut. Memberikan jawaban keliru sama saja dengan mencoreng citra Islam dan umatnya dimata orang-orang non-muslim.

Mu'awiyah kemudian mengirimkan surat tersebut kepada Ibnu Abbas. beliau tentu saja orang yang tepat. Ibnu Abbas adalah sahabat Raasulullah SAW yang cerdas dan berwawasan luas.

Jawaban yang diberikan Ibnu Abbas adalah :
  1. Sesuatu yang tidak mempunyai kiblat adalah Ka'bah;
  2. Orang yang tidak berayah ibu adalah Adam dan orang yang tidak berayah adalah Isa;
  3. Orang yang dibawa-bawa oleh kuburannya adalah Nabi Yunus yang ditelan ikan paus;
  4. Tiga makhluk yang tidak diciptakan di dalam rahim adalah domba Nabi Ibrahim, unta betina Nabi Shaleh dan ular Nabi Musa;
  5. Adapun sesuatu yang tidak terbilang, tetapi ada setengahnya adalah orang yang berakal yang menggunakan akalnya. Setengahnya ialah orang yang tidak berakal tapi mengikuti pendapat orang-orang yang berakal. Sedangkan yang tidak terbilang (tidak berarti apa-apa) ialah orang yang tidak berakal dan tidak mau mengikuti pendapat orang-orang yang berakal;
  6. Selanjutnya Ibnu Abbas mengisi botol sampai penuh dengan air seraya berujar,"Air adalah sumber dari segala sumber sesuatu."

Singkat cerita, surat balasan telah sampai ke tangan Kaisar ROmawi. beliau pun kagum membaca jawabannya.

Sumber : Buku "Like Father Like Son" Penulis Mohamad Zaka Al Farisi

Post a Comment

0 Comments