METODE PEMBELAJARAN JIGSAW (Aronson, Blaney, Stephen, Sikes, and Snap - 1978)


Cara membuat kelompok dalam kelompok jigsaw, siswa melakukan dua fungsi, pertama sebagai orang yang meneliti atau kelompok peneliti yang tugasnya mencari jawaban. Kedua setelah mendapatkan jawaban dari pertanyaan ia menjadi orang yang mengajarkan kelompoknya.
Tipe kelompok jenis ini akan berfungsi dengan baik apabila guru mempunyai empat atau lima bagian dari sebuah topik untuk di teliti.
Keuntungan dari tipe kelompok ini adalah siswa diberi tanggung jawab untuk mengajarkan dan belajar pada saat bersamaan dan siswa dapat memperbaharui kemampuan mereka dalam mengajar dan meneliti.
Kelemahan dari kelompok ini adalah ada beberapa tipe siswa yang akan berjuang keras ketika guru menerapkan strategi pembelajaran jigsae ini.
Langkah-langkah Metode Pembelajaran Jigsaw (Tim Ahli) :
1. Siswa di kelompokkan ke dalam 4 anggota tiap tim nya
2. Tiap orang dalam tim di beri bagian materi yang berbeda
3. Tiap orang dalam tim di beri bagian materi yang di tugaskan
4. Anggota tim yang berbeda telah mempelajari bagian/sub bab yang sama bertemu dalam kelompok baru (kelompok ahli) untuk mendiskusikan sub bab mereka
5. Setelah selesai diskusi sebagai tim ahli tiap anggota kembali ke kelompok asal dan bergantian mengajar teman satu tim mereka tantang sub bab yang mereka kuasai tiap anggota lainnya mendengarkan dengan sungguh-sungguh
6. Tiap tim ahli mempresentasikan hasil diskusi
7. Guru memberi evaluasi
8. Penuntup
Semoga bermanfaat.. Aamin :)

Post a Comment

0 Comments