Alat Pendidikan Material dan Non Material

Pengertian Alat Pendidikan
Bebicara alat pendidikan maka akan terbayang suatu hal yang berhubungan alat yang berupa material seperti sarana dan prasarana. Namun demikian nyata dalam hal kegiatan pendidikan yang dikatakan alat pendidikan tidak hanya terbatas pada bentuk material tetapi juga non material seperti perbuatan/tindakan atau berbagai aktifitas yang berhubungan dengan proses transformasi

Alat pendidikan adalah segala sesuatu yang digunakan dalam proses pendidikan, baik yang berbentuk material maupun non material. Alat pendidikan nonmaterial adalah suatu tindakan/perbuatan atau situasi yang dengan sengaja diadakan untuk mencapai suatu tujuan pendidikan. Seperti Pembiasaan, menyuruh (suruhan), larangan (melarang), menganjurkan, mengjak, memuji, menegur, sedangkan alat pendidikan material adalah berbagai perlengkapan yang digunakan untuk keperluan pelaksanaan proses pendidikan, biasanya berbentuk benda seperti sarana dan prasarana. Prasarana yang dimaksud meliputi lahan dan bangunan, dan sarana meliputi alat bantu pelajaran misalnya benda, zat atau perkakas di laboratorium.

Secara konseptual, optimalisasi peran alat pendidikan akan berkaitan dengan kecakapan pendidik dalam memilih dan menggunakannya, yang amat tergantung pada apa yang di inginkan dicapai dan dilakukannya dalam proses mendidik.

Post a Comment

0 Comments