Manfaat Penilaian Kelas bagi Guru adalah sebagai berikut :
1. Untuk memberikan umpan balik bagi peserta didik agar mengetahui kekuatan dan kelemahannya selama proses pencapaian kompetensi.
2. Untuk memantau kemajuan dan mendiagnosis kesulitan belajar yang dialami peserta didik.
3. Untuk umpan balik bagi pendidik dalam memperbaiki metode, pendekatan, kegiatan dan sumber belajar yang digunakan.
4. Untuk masukan bagi pendidik dalam merancang kegiatan belajar
5. Untuk memberikan informasi kepada orang tua dan komite satuan pendidikan tentang efektifitas pendidikan.
6. Untuk memberikan umpan balik bagi pengambil kebijakan (Diknas Daerah) dalam mempertimbangkan konsep penilaian kelas yang digunakan.

Peran penilaian berbasis kelas adalah proses memberikan masukan atau informasi secara komprehensif tentang hasil belajar siswa yang dilihat mulai dari kegiatan pembelajaran sedang berlangsung hingga hasil akhirnya. Proses ini menggunakan berbagai cara penilaian sesuai dengan kompetensi yang diharapkan dan dicapai siswa. Dengan demikian Penilaian Kelas merupakan penilaian yang dilakukan guru untuk mencakup aktifitas penilaian untuk mendapatkan nilai kualitatif maupun aktifitas pengukuran untuk mendapatkan nilai kuantitatif (angka). Perlu diingat bahwa penilaian kelas dilakukan terutama untuk memperoleh informasi tentang hasil belajar siswa yang dapat digunakan sebagai diagnosisi dan masukan dalam membimbing sisiwa. Juga untuk menetapkan tindak lanjut yang perlu pencapaian kompetensi siswa.
1. Untuk memberikan umpan balik bagi peserta didik agar mengetahui kekuatan dan kelemahannya selama proses pencapaian kompetensi.
2. Untuk memantau kemajuan dan mendiagnosis kesulitan belajar yang dialami peserta didik.
3. Untuk umpan balik bagi pendidik dalam memperbaiki metode, pendekatan, kegiatan dan sumber belajar yang digunakan.
4. Untuk masukan bagi pendidik dalam merancang kegiatan belajar
5. Untuk memberikan informasi kepada orang tua dan komite satuan pendidikan tentang efektifitas pendidikan.
6. Untuk memberikan umpan balik bagi pengambil kebijakan (Diknas Daerah) dalam mempertimbangkan konsep penilaian kelas yang digunakan.
Peran penilaian berbasis kelas adalah proses memberikan masukan atau informasi secara komprehensif tentang hasil belajar siswa yang dilihat mulai dari kegiatan pembelajaran sedang berlangsung hingga hasil akhirnya. Proses ini menggunakan berbagai cara penilaian sesuai dengan kompetensi yang diharapkan dan dicapai siswa. Dengan demikian Penilaian Kelas merupakan penilaian yang dilakukan guru untuk mencakup aktifitas penilaian untuk mendapatkan nilai kualitatif maupun aktifitas pengukuran untuk mendapatkan nilai kuantitatif (angka). Perlu diingat bahwa penilaian kelas dilakukan terutama untuk memperoleh informasi tentang hasil belajar siswa yang dapat digunakan sebagai diagnosisi dan masukan dalam membimbing sisiwa. Juga untuk menetapkan tindak lanjut yang perlu pencapaian kompetensi siswa.
0 Comments
Berkomentarlah secara wajar !!