Ronggeng Gunung

Ronggeng gunung merupakan pertunjukkan yang menampilkan seorang penari sekaligus penyanyi yang berasal dari gunung.. Di Ciamis bagian selatan, yaitu di daerah Banjarsari dan Pangandaran setidaknya ada tiga sebutan untuk pertunjukkan ronggeng; ronggeng gunung ; ronggeng tayub; dan ronggeng kaler. Masing-masing nama itu sekaligus dapat membedakan bentuk pertunjukkan masing-masing. Bentuk pertunjukkan ronggeng kaler (utara) merupakan pengembangan dari ronggeng gunung. 

Ronggengnya ada dua orang dan musik pengiringnya seperangkat gamelan lengkap dengan lagu-lagu kliningan. Sedangkan penyajian ronggeng tayub mirip dengan pertunjukkan tayub di daerah priangan lainnya. Kedua pertunjukkan ini hanya dipergelarkan untuk hiburan dalam kenduri perkawinan dan khitanan.



Sesuai sebutanyya ronggeng gunung merupakan pertunjukkan yang menampilkan seorang penari sekaligus penyanyi yang berasal dari gunung. penyajian ronggeng gunung dimainkan dengan diiringi alat musik sederhana seperti kendang ketuk tilu dan satu gong. Ronggeng gunung ini mempunyai lagu-lagu khas. Setiap lagu berpadu dengan tarian khusus dan penyajian satu lagu ini dianggap satu babak. Gerakan tari ronggeng gunung lebih bertumpu pada kaki. Penari biasanya menari secara bergerombol, membentuk lingkaran yang mengelilingi seorang ronggeng. pada lagu tertentu mereka menari dengan berkerudung sarung atau iket.

Post a Comment

0 Comments