Syarat-Syarat Pendidik

Setiap pekerjaan diperlukan syarat-syarat agar seseorang yang memiliki pekerjaan tersebut bisa berperan secara efektif dan efisien, Apalagi seorang pendidik yang bergaul dengan makhluk yang beraneka ragam karakternya dan harus berubah kearah yang lebih baik, maka syarat-syarat tersebut harus dipenuhi.
Edi Suardi (1984) mengungkapkan bahwa seorang pendidik harus memnuhi beberapa persyaratan, yakni :
1. Seorang pendidik harus mengetahui tujuan pendidikan. Sudah tentu tujuan akhir pendidikan harus ia sadari benar. Dalam hal itu pendidik harus banyak mempunyai pengetahuan tentang apa yang disebut manusia dewasa, sesuai dengan tempat dan waktu. Di Indonesia ia harus mengenal tujuan pendidikan nasional atau cita-cita nasional tentang manusia Indonesia.
2. Seorang pendidik harus mengenal anak didiknya
3. Seorang pendidik harus tahu prinsip atau penggunaan alat pendidikan. Ia harus pula memilih mana yang cocok untuk anak ini pada situasi tertentu. Untuk dapat menentukan jalan atau prosedur mendidik yang bagaimana harus ia gunakan atau tempuh
4. Untuk dapat melakukan tugasnya yang menghendaki pengetahuan dan kesabaran itu ia harus mempunyai sikap bersedia membantu anak didik. Tanpa itu ia akan merupakan orang yang bertindak mekanis, seperti robot, atau kadang-kadang diluar kesadarannya berlaku kurang cocok sebagai pendidik, misalnya kurang kesabaran.
5. Untuk dapat membuat suatu pergaulan pendidikan yang serasi dengan anak didiknya. Itu tidak berarti bahwa ia luluh dalam kehidupan seorang atau beberapa orang anak didiknya. Ia harus dapat beridentifikasi tetapi itu tidak berarti bahwa ia lupa akan dirinya dan berlaku seperti anak didiknya. Ia tetap harus seorang dewasa tetapi menyesuaikan segala cara mendidiknya dengan dunia anak didik.


Post a Comment

0 Comments