Asesmen dalam pembelajaran adalah suatu proses atau upaya formal pengumpulan informasi yang berkaitan dengan variabel-variabel penting pembelajaran. Hal ini dijadikan bahan pengambilan keputusan oleh guru untuk memperbaiki proses dan hasil belajar siswa. Variabel-variabel penting yang dimaksud sekurang-kurangnya meliputi pengetahuan, pemahaman, keterampilan dan sikap siswa dalam pembelajaran yang diperoleh guru dengan berbagai metode dan prosedur baik formal maupun informal. Sebagaimana dikemukakan oleh Corner seperti berikut :
"A general term enhancing all methods used to appraise performance of an individual pupil or group. It may refer to a broad appraisal including many source of evidence and many aspect of pupil's knoeledge, understanding, skills and attitudes. An assessment may be any method and prosedure, formal or informal, for producing information about pupil ..... "
Pengertian asesmen dalam literatur asing tersebut selaras dengaan makna penilaian yang digariskan dalam Buku Pedoman Penilaian pada kurikulum pendidikan dasar. Dalam buku tersebut tertulis bahwa, penilaian adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh guru untuk memberikan berbagai informasi secara berkesinambungan dan menyeluruh tentang proses dan hasil belajar yang telah dicapai. Adapun yang dimaksud dengan asesmen alternatif (alternatif asesment) adalah segala jenis bentuk asesmen di luar asesmen konvensional (selected respon test dan paper-pencil test) yang lebih autentik dan signifikan mengungkap secara langsung proses dan hasil belajar sisiwa.
Herman memberikan semboyan khusu bagi asesmen alternatif dengan ungkapan "What You Get Is What You Assess". Dalam beberapa literatur, asesmen alternatif ini kadang-kadang disebut juga asesmen autentik (autentic assessment), asesmen portofolio (portofolio assessment), atau asesmen kinerja (performance assessment).
Baca Juga Tujuan dan Peran Asesmen dalam Pembelajaran
"A general term enhancing all methods used to appraise performance of an individual pupil or group. It may refer to a broad appraisal including many source of evidence and many aspect of pupil's knoeledge, understanding, skills and attitudes. An assessment may be any method and prosedure, formal or informal, for producing information about pupil ..... "
Herman memberikan semboyan khusu bagi asesmen alternatif dengan ungkapan "What You Get Is What You Assess". Dalam beberapa literatur, asesmen alternatif ini kadang-kadang disebut juga asesmen autentik (autentic assessment), asesmen portofolio (portofolio assessment), atau asesmen kinerja (performance assessment).
Baca Juga Tujuan dan Peran Asesmen dalam Pembelajaran
0 Comments
Berkomentarlah secara wajar !!