Obat Cantengan

Ada beberapa cara mengobati cantengan, karena di dunia ini banyak sekali jenis obat-obatan atau cara pengobatan. Nah dalam hal ini saya akan membahas obat cantengan, diantaranya yaitu :
1. Garamycin Krim (Kosong dari pabrik)
2. Lanbena (Tiktok Shop)
3. Propolis SM (Tiktok Shop)

 

 
Garamycin/Gentamicin Krim sebagai obat cantengan yang paling ampuh. Terbukti dalam semalam setelah diolesi krim ini, rasa sakit akibat cantengan bisa berkurang hingga 30% hehe, kira-kira segitu hasil yang saya amati. Cantengan pada jempol kaki, yaitu yang saya maksud adalah ingrown toenail, dari bahasanya tentunya sudah terbayang apa itu ingrown toenail, yakni tumbuhnya kuku, dalam hal ini kuku jempol, ke jaringan sekitar kuku (samping kanan dan/atau kiri) padahal normalnya kuku tersebut harusnya tumbuh lurus ke depan, sebagai akibatnya terjadilah cantengan, jaringan yang tertusuk kuku tersebut menjadi radang dan infeksi. Dalam bahasa kedokteran cantengan jenis ini disebut onychocryptosis


Penyebab Cantengan
Kuku yang tumbuh menyamping disebabkan oleh adanya trauma (bisa karena memotong kuku terlalu pendek) atau benda asing pada bagian samping/pinggiran batas antara kuku dan kulit yang menyebabkan peradangan dan infeksi. Peradangan tersebut akan membuat jaringan kulit menjadi lembek (lunak) dan jaringan kuku menjadi menebal dan terpacu untuk terus tumbuh tapi tak beraturan. Sebagai akibat dari dua keadaan tersebut (kulit lembek/lunak+kuku yang terus tumbuh) terjadilah pertumbuhan kuku ke samping akhirnya menjadi cantengan. Kondisi tersebut sering terjadi pada kuku-kuku besar misalnya kuku jempol kaki.

Gejala yang timbul akibat cantangan ini, diantaranya : jempol kaki terasa sangat sakit (apalagi kalau kesenggol), ngeyut, disekitar kuku bengkak, merah, bahkan sampai bernanah, pada kasus yang berat bisa menimbulkan pembengkakan pada kelenjar limfe di lipat paha, sehingga lipat paha juga terasa sakit dan seringkali disertai dengan badan demam.


Cara Perawatan dan Pengobatan:
Rendam Kaki
Lakukan perendaman pada kaki yang terlibat menggunakan air hangat bercampur garam selama 15 menit sebanyak 2 sampai 3 kali sehari. Hal ini akan mengurangi bengkak dan nyeri pada cantengan.

Oleskan Garamycin Krim (Gentamicin Sulfate 0.1%)
Setelah dilakukan perendaman olesi jempol kaki yang cantengan dengan Garamycin/Gentamicin krim kemudian dibalut tipis dengan kasa steril atau bisa dilakukan sebelum tidur dan biarkan terbuka olesan krim tersebut agar cepat kering. Garamycin/Gentamycin krim ini tersedia di apotek-apotek dan harganya terjangkau. Sekali oles langsung berkurang rasa nyeri atau sakitnya. Terbukti saya yang telah mencobanya karena penulis mengalami cantengan ini.


Pakai Alas Kaki Terbuka.
Jangan menggunakan alas kaki yang tertutup, apalagi sempit contohnya sepatu. Gunakanlah alas kaki yang pada bagian jempol kakinya terbuka, contohnya: sandal.

Semoga Lekas Sembuh !!


Post a Comment

35 Comments

  1. Aku juga cantengan nih apa memang agak lama ya sembuhnya aku sudah pake cara di atas

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku juga cantengan di jempol kaki kanan, krim diatas belum aku coba, gmn dengan cantengan nya mas , skrg apa dah sembuh ?

      Delete
    2. Ya mba, hrus rutin tiap malam mau tidur di olesi garamicin nya, dan prhatikan perkembangannya pasti lama 2 sembuh. Dn slnjutnya jaga kebrsihan kaki n alas kaki khususny klo pke spatu n kaos kaki.

      Delete
    3. Sya slama ne pke obt tetes yg nmax obat kurap 19. . ,,dlm 3 hri. . ,,cantengan yg brnanah lngsung kering. . ,,wlwpun unt kurap. . ,aman ko. . ,udh dri dlu pke tu obt smpe skrang. .,cma nyaranin. . hehe

      Delete
    4. Mb itu obat nmaxny ada diapotik ga ya??bilangny gmn??

      Delete
    5. Aku udah pakek itu salep sudah abis 2 tapi gk sembuh2, saya centengan sudah infeksi kulit,tolong kasih tau obat yg paling ampuh untuk menyembuhkan centengan

      Delete
  2. Sya sering bnget cantengan.. ,slama ini Sya kasih obat kurap 19.. ,3 hri lngsung smbuh. . ,cantenganx cepat kering. . stlah kering kulitx tekelupas. . ,wlpun unt kurap. . ,cantengan jga bsa. . ,d ksi tw nnek sya. . hehehe. .

    ReplyDelete
  3. Q sering cantengan. .,obtx cma beli d toko obat. . ,nmax obt kurap 19. .,emg unt kurap. . ,v unt cantengan bgus bnget. . ,pling lma 3 hri. . ,cantengan yg bernanah lngsung kering. . ,,cma nyaranin z. . ,sya cma tnggal d kmpung.. ,ga ad apotik buat bli salep yg sampean blng.. Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hee iya emang penyakit itu cocok cocokan obatnya, klo bgitu pengalaman jenengan bisa jadi alternatif lain obat cantengan .. mkasih

      Delete
  4. Sya slama ne pke obt yg namax obat kurap 19. . ,,pling lma 3 hri. . ,,cantengan yg bernanah lngsung kering. . ,dri umr 13 smpe umr 20 pke tu obt. . hehe

    ReplyDelete
  5. Sya slama ne pke obat yg nmax obat kurap 19. .,dlm 3 hri lngsung kering cantengan yg bernanah. .

    ReplyDelete
  6. Sya slama ne pke obat yg nmax obat kurap 19. .,dlm 3 hri lngsung kering cantengan yg bernanah. .

    ReplyDelete
  7. Saya d vonis harus cabut kuku... sy sndiri takut dng jarum suntik... apa obat yg d sarankan itu bisa efektif tanpa oprasi ??trmksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pengalaman sya sbg pnulis artikel ini : efektif dan tidak dicabut. Asal rutin tiap malam olesin aja kaki yg trkena cantengan smpe bnar2 sembuh. Emng agak lama. Tpi trbukti sya tidak harus cabut kuku.

      Delete
    2. total penyembuhan brapa lama mas?

      Delete
  8. apa benar akan sembuh jika secara rutin diolesi

    brp harganya
    mohon balas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harga 5ribu rupiah di apotik untuk gentamycin

      Delete
  9. apa benar akan sembuh jika secara rutin diolesi

    brp harganya
    mohon balas

    ReplyDelete
  10. apa benar akan sembuh jika secara rutin diolesi

    brp harganya
    mohon balas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Insya Allah kalo cocok benar gan.. harganya kurang lebih Rp. 60.000

      Delete
    2. Sy beli kok kurang dari 10k ya mas, murah bgt terus sama d gambar persis

      Delete
  11. yg cepet pake apa ya... jempol kaki cantengan tapi belum keluar nanah

    ReplyDelete
  12. Pakek betadine langsung kering nanahnya 1 malam. Aku udh pernah coba dan cepet sekali keringnya

    ReplyDelete
  13. Dulu pernah pake terus sembuh, sekarang kumat lg aja,

    ReplyDelete
  14. Kak itu salep nya di oles in ke kuku nya aja atau sama ke luka(bengkak,berdarah,bernanah) yg terjadi akibat cantengan ya?

    ReplyDelete
  15. Dulu aku jg mengalami contengan sampe dekat 3 tahun gak sembuh2,bahkan 2 kali dicabut ke dokter tumbuh lagi bengkak lagi trus aku sdh coba obat alami ataupun salep apa aja yg disaranin teman semua aku coba, tp tetap juga gak sembuh, bahkan atikel di google pun aku baca semua,tapi saat aku buka salah satu artikel itu antara percaya gak percaya ini menurut keyakinan dan disini saya bukan sok mengajarin atau pun melebihkan tapi didalam artikel tersebut memang mengatakan bahwa obat nya cuma air wudhu,dan disaat aku sdh membaca arikel itu,aku cuma membersikannya dengan air wudu setelah itu aku lap bagian contengan dan kasih lap menggunakn air suam kuku dgn sedikit detol,dan biarkan kuku panjang akhirnya sembuh sendiri,,..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Air wudux ditampungx n air hangatx drendamkn dettol gtu. . Sy dh lama cntengannya sembuh sebentar sakit lagiii

      Delete
    2. Kalo dj biarkan tumbuh panjang kuku nya nusuk di daging dan itu sakit baget.. gimana?

      Delete
  16. Saya juga sering cantengan tp saya cuma pake lilin aja, kuku di bersihkan dulu trus di beri tetesan lilin panas terus berulang kali selama dua hari saja kalo saya, emang harus tahan panas nya cuma kalo buat saya sih ampuh trus c kuku harus sering di bersihkan sela" nya dan kukusamping nya di angkat di bersihkan sela" nya. Cukup gitu aja insya allah sembuh,
    kaki saya juga sembuh udah berair keluar nanah dan sakit banget.

    ReplyDelete
  17. Cukup pake lilin panas aja sembuh ko

    ReplyDelete

Berkomentarlah secara wajar !!