Arti Evaluasi, Penilaian, Pengukuran dan Tes

Penjelasan dari buku Penilaian Kelas pada Kurikulum 2004 tentang bebrapa istilah yang terkait dengan penilaian. "Banyak orang mencampuradukan pengertian antara evaluasi, pengukuran (measurement), tes dan penilaian (assesment), padahal keempatnya memiliki pengertian yang berbeda. 

Berikut adalah pengertian-pengertiannya :
Evaluasi adalah kegiatan identifikasi untuk melihat apakah suatu program yang telah direncanakan telah tercapai atau belum, berharga atau tidak, dan dapat pula untuk melihat tingkat efisiensi pelaksanaannya. Evaluasi berhubungan dengan keputusan nilai (value judgement). Dibidang pendidikan, kitaqa dapat melakukan evaluasi terhadap kurikulum baru, suatu kebijakan pendidikan, sumber belajar tertentu, atau etos kerja guru.
Penilaian (assessment) adalah penerapan berbagai cara dan penggunaan beragam alat penilaian untuk memperoleh informasi tentang sejauh mana hasil belajar siswa untuk ketercapaian kompetensi (rangakaian kemampuan)siswa. Penilaian menjawab pertanyaan tentang sebaik apa hasil atau prstasi belajar seorang siswa setelah mengikuti proses belajar.
Pengukuran (measurement) adalah proses pemberian angka atau usaha memperoleh deskripsi numerik dari suatu tingkatan dimana seorang siswa telah mencapai karakteristik tertentu. Hasil penilaian da[at berupa nilai kualitatif (pernyataan naratif dalam kata-kata) dan nilai kuantitatif (berupa angka). Pengukuran berhubungan dengan proses pencarian atau penentuan nilai kuantitatif tersebut.
Tes adalah cara penilaian yang dirancang dan dilaksanakan kepada siswa pada waktu dan tempat tertentu serta dalam kondisi yang memenuhi syarat-syarat tertentu yang jelas.


Post a Comment

0 Comments