Misteri Angka 19 pada Al Qur'an


Banyak yang bertanya misteri angka 19 pada Al Qur'an dan apa maksud dari angka 19 tersebut? Apakah ini adalah sebuah kebetulan semata? Sesungguhnya hanya Allah SWT yang memiliki jawaban yang pasti, dari semua pertanyaan-pertanyaan diatas. Untuk lebih lengkapnya tentang diantara misteri-misteri angka 19 yang ada pada AL Qur'an, Berikut adalah pemaparannya :

Pada surah Al Muddatstsir ayat 30, "Dan di atasnya ada sembilan belas (malaikat penjaga)". Dari ayat tersebut tidak ada penjelasan dari Rasulullah sehingga ada ulama tafsir menghubungkan  arti dari angka 19 malaikat itu adalah 19 planet.


Al Qur'an menggunakan rumus angka 19, di dalam bukunya Prof Rasyid Halifah  menjelaskan bahwa angka 19 berarti Allah adalah esa, yang merupakan pesan esensial isi dari kandungan Al Qur'an. Dan kemudian pernyataan ini di buktikan dengan ayat pertama dalam Al Qur'an pada surat Al Fatihah yaitu surat basmallah yang terulang dalam Al Qur'an sebanyak 114 kali mengukuti jumlah seluruh surah AL Qur'an. Namun dalam hal ini ada satu surah dalam AL Qur'an yang tidak diawali dengan bacaan basmallah yaitu pada surat At Taubah, tapi pada surah An Naml memakai kalimat basmallah sebanyak dua kali yaitu pada pembuka surah An Naml dan pada ayat 30 surah An Naml.

Entah ini adalah suatu kebetulan atau mujizat dari Allah SWT karena jumlah pada bacaan basmallah ini ada 19 huruf, dan kata "ismu" juga disebut sebanyak 19 kali. Kata "Allah" terulang sebanyak 2698 yang merupakan kelipatan dari angka 19, yaitu dalam perkalian angka 19 x 142 = 2698. Kemudian Ar Rahman terulang sebanyak 57 kali yang merupakan kelipatan dari 19,  yaitu dalam perkalian angka 19 x 3 = 57.  Kemudian Ar Rahim terulang sebanyak 114 kali pada Al Qur'an yang merupakan kelipatan 19,  yaitu dalam perkalian angka 19 x 6 = 114. 

Tidak hanya itu pada surat Al 'Alaq khusus ayat 1-5 merupakan ayat yang pertama kali diwahyukan terdiri dari 19 kata, sedangkan jumlah hurufnya 76 huruf yang merupakan kelipatan dari 19,  yaitu dalam perkalian angka 19 x 4 = 76. Dan apabila di jumlahkan seluruh ayat surah Al 'Alaq ayat 1-19 terdiri dari 285 kata yang masih kelipatan angka 19, yaitu dalam perkalian angka 19 x 15 = 285. 

Kemudian dalam surat Al Ashr ayat 1-3 terdiri dari 19 huruf, dalam surah AL Qalam 38 kata yang merupakan kelipatan dari 19, dalam surah Al Muzzammil terdiri dari 57 kata yang merupaka kelipatan dari 19.

Maha besar Allah yang mengatur segala sesuatunya di dunia ini, sesungguhnya fenomena angka 19 ini membuktikan bahwa, Al Qur'an bukanlah buatan manusia. Tetapi benar-benar dari Allah SWT. Fenomena angka 19 ini juga bukan suatu kebetulan atau mengada-ada, tetapi suatu bukti kebenaran dari AL Qur'an itu sendiri.  Karena pada kenyataanya ayat-ayat Al Qur'an tidak pernah berubah dari dulu sehingga sekarang. Termasuk huruf demi huruf di dalamnya. Karena Allah selalu menjaga keasliannya. Seperti pada firman Allah yang artinya, "Telah sempurnalah kalimat Tuhanmu (Al-Quran) sebagai kalimat yang benar dan adil. Tidak ada yang dapat merobah robah kalimat-kalimat-Nya dan Dia lah yang Maha Mendenyar lagi Maha Mengetahui" (QS. AL An'aam : 115).

Dalam surah lain Allah berfirman, "Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan Al Quran, dan sesungguhnya Kami benar-benar memeliharanya" (QS. Al Hijr : 9).

Luar biasa banyak sekali keutaman, keindahan dan banyak lagi yang belum terungkap dalam Al Qur'an, sepatutnya kita mengamalkan, mempelajari dan menjadi tuntunan hidup kita di dunia.

Post a Comment

6 Comments

  1. Pas gan,tadi sore ane juga nonton Misteri Angka 19,katanya sih ini Mukjizat Allah,emang bener ya gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hanya Allah yang tau jawaban knp bnyak berhubungan dengan angka 19

      Delete
  2. Subhanallah.
    Menurut ane bukan kebetulan gan

    ReplyDelete

Berkomentarlah secara wajar !!