Seni Mengajar


Dalam lingkup pendidikan guru menjadi perantara pengetahuan. Guru menerjemahkan ilmu pengetahuan menjadi sebuah paket informasi yang menyenangkan sehingga siswa mudah menyerapnya. Guru menciptakan pelajaran yang kreatif agar pengetahuan menjadi sesuatu yang menarik. mengajar bukanlah suatu kegiatan yang ada hubungan pasti antara subjek dan objek. Mengajar adalah suatu seni, guru senimannya. Para siswa merupakan hasil karya seni yang sifatnya tidak statis. Sama seperti kesenian, mengajar juga memberi kesempatan kepada guru untuk menjadi jujur kepada dirinya.
Ketika di depan kelas, guru menempatkan dirinya sebagai pusat perhatian sekaligus objek penyidikan. Para siswa memperhatikan guru dari atas sampai bawah. Karena itu mengajar merupakan sesuati yang pribadi, yang tidak dapat digantikan begitu saja.
Mengajar melibatkan guru sebagai sosok yang menyeluruh, bukan hanya sebagi seseorang yang mencoba menyampaikan sepotong pengetahuan atau informasi.
Mengajar merupakan sebuah seni karena untuk menjadi guru dibutuhkan keahlian khusus. Aspek paling penting dan utama menjadi guru ialah kecintaan dan semangat yang terus menerus pada bidang pendidikan. Artinya selalu ada keinginan untuk membuat siswa belajar dengan senang sehingga mencapai keberhasilan. Kecintaan pada pendidikan juga berarti tekad untuk belajar sepanjang masa. 

Post a Comment

0 Comments